Zombie Hand - Busy

"Peralatan Transaksi Penjualan"

            Di samping ini adalah alat transaksi penjualan,nama alat ini adalah cash register (alat transaksi penjualan)'alat ini sering kita lihat di toko-toko ataupun toserba...'misalnya di toserba yogya,padjajaran dan lain-lain..!alat ini fungsinya untuk memudahkan transaksi pembeli dan penjual atau kasir.
                                Penemu Mesin Kasir"
Mesin penghitung Uang / Cash Register yang membuat adalah James Jacob Ritty pada tahun 1879.
 
            Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang.
Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan.
            mesin kasir atau cash register akan terbuka secara otomatis setelah ada penjualan atau transaksi kalaupun tidak yang bisa membuka hanya pengawas atau pemilik. Ini bertujuan untuk mengurangi resiko dari kehilangan dan pencurian.
"Fungsi Mesin Kasir" :
Beberapa fungsi lainnya dari mesin kasir/ cash register juga digunakan untuk mencatatkan komponen pajak dalam penjualan.Saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa disambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, juga pembaca kartu kredit atau kartu debit.dan perkembangannya saat ini menagarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register / Point of Sale POS).

          Mesin kasir yang berbasiskan komputer biasanya juga dilengkapi dengan software/ piranti lunak baik yang berbasiskan sistem operasi DOS,Windows, Linux maupun Unix dimana data tersimpan dalam database baik di mesin kasir tersebut maupun di server induknya. dan umumnya banyak Mesin kasir yang berbasiskan komputer ini memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN)
           Keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman.
secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang.Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan. Ini ada kesamaan dengan ink barcode machine maupun barcode machine product lain yang tentunya membantu kerja pegawai yang menggunakannya.
Keuntungan pemakaian cash register hanyalah karena bentuknya yang compact dan mudah dipindah-pindah. Selain itu dari sisi ekonomis, ada tipe cash register tertentu yang harganya sangat murah (sekitar 1 juta). Namun cash register ini hanya berfungsi seperti layaknya calculator yang dilengkapi struk. Struknya pun tidak bisa mencetak huruf, namun hanya angka saja. Jadi jenis cash register ini sebenarnya hanya untuk usaha mikro, dimana kasir tidak terlalu bisa melakukan perhitungan penjumlahan, sehingga dapat meminimisasi kesalahan hitung.

       gambar di samping ini adalah alat timbangan untuk jenis buah-buahan.alat ini juga termasuk alat dalam kategori pemasaran atau penjualan.alat ini juga sering di temukan di toserba dan lain-lain...'alat ini fungsinya untuk memudahkan menimbang buah-buahan-telur dan lain-lain.cara menggunakan alat ini adalah dengan cara menekan tombol (angka)' yang dimana angka tersebut di artikan sebuah kode atau jenis barang tersebut.
       timbangan buah  yakni timbangan yang khusus bisa menimbang sekaligus menghitung atau mengkalkulasi jumlah berat dengan harga yang telah di tentukan, dan jika anda meggunakan mesin kasir Timbangan Buah juga bisa mencetak label yang isinya bisa bermacam-macam item, seperti : Nama Buah, Harga, Tanggal, Jam, Berat, Barcode, Barcode yang bisa di baca di mesin kasir POS ( Pos Operating System ). Timbangan Buah yang ideal adalah Timbangan yang telah di lengkapi dengan Tiang Display, Karena dapat memudahkan pembeli untuk melihat transaksi, Timbangan Buah ada yang di lengkapi dengan printer ada juga yang tidak, berikut kami tawarkan beberapa pilihan untuk jenis Timbangan Buah.Merek timbangan ini adalah SM-100

Timbangan Buah  SM-100 / SM100
Type Sm-100 P di kalangan toko-toko buah dan supermarket sudah terbilang populer, anda bisa lihat di beberapa supermarket dan Hypermart ternama sudah menggunakan produk ini, tentu bukan tanpa alasan mereka memilih produk Timbangan Buah SM-100 P ini, Timbangan Buah SM-100 P memiliki fungsi yang sudah lengkap untuk Timbangan Buah, kegunaan yang paling penting dari Timbangan Buah adalah Timbangan Buah harus bisa mencetak kertas label, karena tanpa label maka akan sulit mengontrol mengunjung toko, Timbangan Buah SM-100 P bisa menyimpan memory nama buah mencapai 5000 item, Jadi kita bisa memprogram nama-nama buah tersebut didalam item plu Timbangan Buah ini, misalkan kita program Apel Malang di memory No.15, maka ketika kita timbang Apel Malang kita hanya perlu menekan angka 15 untuk memanggil item tersebut.


Tips & Cara Merawat Timbangan Buah

  • Usahakan jangan menimbang diatas kapasitas yang telah ditentukan
  • Buah yang di timbang tidak dalam keadaan basah
  • Selalu menjaga kebersihan timbangan dengan cara membersihkan timbangan
  • Cara membersihkannya yakni dengan membuka plat yang ada diatas timbangan tersebut,lalu bisa dibersihkan dengan kuas / lap
  • Matikan timbangan ketika sedang tidak digunakan ( karena dengan membiarkan timbangan dalam keadaan nyala terus memerus maka LOADCELL akan bekerja terus menerus )
  • Gunakan Stabilizer
  • Tera / Kalibrasi timbangan minimum setahun sekali
  • Jangan memetikan Timbangan Buah ketika terdapat beban diatanya



Dan di samping ini adalah display produk dalam penjualan...atau sering di sebut menata produk'...,dalam penjualan display produk tidak sembarangan menata barang..!
Display merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan dalam melaksanakan promosi penjualan.
pengertian display yaitu merupakan pemajangan atau tata letak barang dagangan untuk menarik minat beli konsumen agar terciptanya pembelian. Dengan melihat barang dagangan, konsumen akan tertarik serta memudahkan konsumen dalam memilih barang yang diinginkan.
Tujuan pokok display adalah:
  • Untuk menarik konsumen agar membeli barang yang ditawarkannya
  • Untuk menimbulkan minat beli konsumen pada barang yang dipajang
  • Untuk mendorong konsumen agar berkeinginan untuk membeli barang yang ditawarkan.
Didalam Pelaksanaan display produk ada faktor – faktor yang menjadi pegangan pola kerja. Faktor – faktor tersebut adalah:
1. Visual Impact
Visual impact meliputi pusat perhatian, cahaya serta kebersihan dan kerapihan .Dalam pengaturan cahaya yang harus diperhatikan adalah warna lampu. warna yang digunakan harus warna yang natural dan tidak membohongi pengunjung yang dapat mengubah warna barang. Jenis lampu yang baik adalah halogen karena warnanya tidak menyebar, sehingga setiap area display terlihat dengan jelas oleh konsumen dan menjadi pusat perhatian serta membangkitkan minat konsumen tentu saja ini ditunjang oleh kebersihan dan kerapihan dari penyusunan produk tersebut.
2. Visual Balance
Visual balance sangat dipengaruhi oleh warna, latar belakang dan keseimbangan ukuran produk. Ketentuanya adalah sebagai berikut:
  1. Susunan warna dari warna tua ke muda dan warna terang disimpan di ujung.
  2. Latar belakang ini tidak boleh mendominasi daya tarik barang yang ditampilkan.
  3. Produk yang sama dengan ukuran yang berbeda disusun di rak di atas maupun yang dibawahnya secara pengelompokan vertikal.
  4. Produk yang sama dengan ukuran yang berbeda disusun bersebelahan pada suatu rak, dengan ukuran lebih kecil kearah kiri sedangkan ukuran yang lebih besar kearah kanan.
3. Posisi ( Produk Facing )
Letak barang harus menghadap ke pelanggan dengan persediaan yang ada disusun dibelakangnya sekitar 36 % posisi barang yang menghadap ke pelanggan searah jam 2 dan jam 4 juga mengalami peningkatan penjualan.label harga juga termasuk ke produk facing dimana label harga harus diletakan secara seragam pada tiap produk dan sebaliknya ditempel pada ujung kanan atau diatas produk.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.